Seminar “Safe and Secure Database for E-Commerce”


Seminar “Safe and Secure Database for E-Commerce” yang diadakan oleh BEM-FIK dari tanggal 11 sampai 12 Maret, dari judulnya cukup menarik untuk saya ikuti, apalagi biaya pendaftaran hanya 10 ribu rupiah untuk dua hari, lumayan untuk kantong yang semakin menipis😛 , itung-itung tambah wawasan-laaah.

Maaf ya, tulisannya agak-agak sedikit curhat🙂 e-commerce merupakan suatu layanan di dunia maya, yang memungkin bagi kita untuk menjalankan berbagai macam bisnis untuk meraup keuntungan dengan menggunakan kendaraan internet, sehingga jika kita ingin melakukan transaksi jual – beli secara cepat di belahan dunia manapun, jika kita ingin membeli sesuatu barang, tapi anda tidak berani keluar rumah, dikarenakan ada “bisul” di jidat anda🙂 kalau penyakit anda ketahuan , bisa-bisa anda ditertawakan manusia sejagad tentunya, lebih baik tinggal buka komputer dengan akses internet,kartu kredit, pilih barang, lalu kirim ke tempat anda, dan tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi kita sebagai pembeli, maupun menguntungkan sebagai penjual.

Oh iya, saat beranjak pulan dari hari kedua seminar tersebut, di kepala saya muncul pertanyaan bagaimana pembahasan secara teknis tentang penanganan databse dari serangan seperti SQL Injection, XSS, CSRF, dan lain-lain, dari hari pertama tidak satupun materi yang menyentuh dari itu, seharusnya judul seminar di rubah menjadi “safe dan secure with e-commerce” begitu yang lebih tepat, yah, mau apa dikata namanya juga manusia.

Walaupun begitu, banyak hal yang saya tidak tahu, dengan mengikuti seminar ini menjadi tahu,, layanan internet yang paling banyak memakan korban ialah e-commerce bagi attacker yang ingin memperkaya dirinya dengan mengerjai situs-situs e-commerce tentunya sangat-lah menguntungkan, maka untuk menjaga diri kita dari kemungkinan kita dirugikan oleh attacker sedikit kiranya kita memahami kerja dari attacker tersebut, silahkan cari jutaan artikel tersedia di internet, mampir aja di rumah mas google Dalam melakukan transaksi online, kebanyakan di dunia ini menggunakan kartu kredit, juga sebagai kredibilitas anda untuk berbisnis di dunia maya.

Cyber Crime atau kejahatan internet yang banyak terjadi adalah “identity Theft” atau pencurian identitas, tidak perlu canggih-canggih untuk bisa melakukan pencurian identitas, jika anda seorang pelayan kafe, lalu costumer anda melakukan transaksi dengan kartu kredit, biasanya si pelayan menghafalkan 3 digit di samping nomor kartu kredit anda juga tanggal kadaluarsa, dan sialnya jika anda membuang struk transaksi di sekitar cafe tersebut, lalu diambil oleh pelayan cafe, tamatlah anda, di kertas biling transaksi tercantum nama, alamat, dan no kartu kredit.

Hal tersebut sudah cukup bagi sang pelayan untuk berbelanja di Internet tanpa sepengetahuan si pemilik kartu kredit, hingga si pemilik kartu kredit tersadar kalau akunnya telah di salah gunakan, lalu kita bisa mendapatkan account credit card orang lain dengan mempelajari berbagai teknik-teknik carding, dengan memanfaatkan kelemahan aplikasi web e-commerce waktu SMA kelas 3 saya mendapatkan account credit card memanfaatkan kelemahan pada aplikasi commersus, auktion, dan lupa gw, ratusan no kredit yang valid lengkap dengan nama induk si pemilik bisa di dapatkan, belum sempat digunakan kartu kreditnya komputer Wind*** saya terserang virus, sampai-sampai account credit card hilang entah kemana😦 hikss, itulah salah satu alasan untuk lebih baik memelihara Pinguin ketimbang pasang Jendela tapi masuk angin melulu. ZZzzZZ.

Dibawah saya berikan beberapa point penting dalam melakukan transaksi online / e-commerce

1. Selalu gunakan “Gateway Payment” seperti PayPal karena lebih aman menggunakan pihak ketiga yang terpecaya untuk melakukan pembayaran, dibandingkan kita membayar langsung menggunakan kartu kredit anda di situs Belanja Online.

2.Dalam bertransaksi online pastikan komputer atau laptop yang anda gunakan adalah milik pribadi anda, jika anda melakukannya di Warung Tegal, eh salah Warung Internet tentunya anda tidak tahu, jika terpasang keylogger atau trojan yang bisa merekam data-data di komputer anda, jika ana tidak punya koneksi internet di rumah, gunakanlah Linux LiveCD di komputer publik.

3. Selalu baca Email anda, sehingga anda bisa memantau transaksi yang telah anda lakukan, jika PayPal sebagai “Gateway Payment” atau penerbit kartu kredit anda seperti BCA anda mengkonfirmasi apakah anda melakukan transaksi tanggal sekian, harga sekian tapi anda tidak pernah melakukan transaksi tersebut, pastikan anda curiga bahwa anda sedang dirampok, segera konfirmasi penerbit kartu kredit anda seperti BCA untuk melakukan pembatalan transaksi.

4. Pastikan saat anda Login protokol http:// berubah menjadi https:// yang menandakan anda sedang menggunakan protokol Secure Socket Layer, yang dalam pengiriman datanya dilakukan enkripsi dulu sebelum di kirim, sehingga menyulitkan attacker untuk mengurainya.

5. Sebaikanya batasi limit kartu kredit anda hanya sampai 3 sampai 5 juta saja, untuk apa?? seapes-apesnya anda anda hanya rugi di sekitar angka tersebut, bayangkan anda menggunakan limit sampai 30 Juta,, bisa dibayangkan ???

6. Sangat Baik jika anda berbelanja di suatu website cari logo VeriSign agar lebih aman, VeriSign adalah suatu perusahaan yang membuat sertifikat digital untuk standarisasi keamanan suatu website.

7. Pastikan anda tidak punya penyakit kanker (KANtong KERiiing…). Yah mungkin sampai disini aja yang bisa saya berikan, moga-moga dengan tulisan di atas berguna sedikit, agar kita bisa semakin parno segala hal yang ada di dunia maya, semakin waspada semua ancaman dari dunia maya, tapi luna maya gak usah ditakutin lah, kita aja yang takutin luna maya ,hihihiii. Memang tulisan ini jauh dari sempurna, bahkan tulisan ini bobrok, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.

2 thoughts on “Seminar “Safe and Secure Database for E-Commerce”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s